Tuesday, February 26, 2008

Selamat Datang

am tujuh kurang lima di Gombak, MY, tanggal 26 Februari 2008. Haroni DHR muncul sebagai orang baru di sini. Terinspirasi dari blog2nya Mohammed 'Kuda' Ikhwan, Dodi 'Donat' Rinaldi Nasution, dan Hendrino. Ketiganya ini, kawan waktu yang dah lewat tapi masih sampai sekarang.

Cerita sikit tentang hari ini, selasa 3 hari sebelum akhir bulan kedua 2008. Emang berat kalau mulai hidup di lingkungan yang baru. Pemahaman yang baru tentang dunia, tetangga baru, rumah sewa baru, tempat aktivitas baru, kawan hidup baru dua tahun. Baru jauh dari orang tua (teknis & substansi) juga terasa.

Kawan-kawan tadi (Kuda, Donat, Rino) dah lumayan lama dibanding aku, ketemu dengan situasi serba baru. Salut buat mereka. Mudah2an aku dikasi kekuatan macam tiga orang ini.

Di sini, ada banyak pelajaran dari tetangga Indonesia yang dah lama menetap. Mereka bangun keluarga & peradaban sendiri lebih dari 20-40 tahun yang lalu. Tanpa kehilangan identitas asal tentunya. Dua blok bangunan, rata-rata bertingkat dua, sepanjang 500 meter menjadi lingkungan yang nyaman untuk ditinggali. Mereka bukan belajar di kampus atau kerja di ruangan yang ber-air conditioner dulu sampai sekarang. Struggle menggeluti bidang konstruksi (bukan kontraksi) membuat komunitas penyabar ini mampu menjadi sebab cucu2 mereka bisa dapat status warga negara Malaysia, negara yang mengaku upah minimumnya RM800 sebulan, plus bisa makan plus bersekolah. Tak malu mengakui "Indon", yang penting tak mengganggu secara fisik.

Sekolah di sini juga banyak memberi kesan kalau ilmu itu bukan selalu kurang tapi ada cara pandang lain dari ilmu yang udah diperoleh dulu. Kalau dulu kita belajar huruf arab ا,ب,ت,ث,ج,ح,خ,د dan seterusnya, atau membaca Qur'an & mendengar sedikit tentang hadits ialah seperti membaca tanpa menulis, sementara sekarang, belajar maximum utility, riba dan bunga, intangible and tangible comodity, seperti menulis sambil mengingat apa yang udah dibaca. Di sini, keadaan menganjurkan supaya melihat semuanya dari sisi yang positif. Seorang datuk membuat contoh: "Be a student before you become a student".

Btw, dah maghrib ni. Aku lanjutin nanti ya.. Shalat dulu coy!

3 comments:

haroni said...

Comment

RINO said...

It has been a great pleasure for me that u said ur inspiration of blogging is ur friend, one of them is mine. Thank u bro.

Blogging is a such a nice thing to be done when ur in ur spare time. Thats what I did.

Pokoknya aku akan sering bertandang kesini lah coy... Tenang aja...

Btw, apa kabar....?

HARONI DHR said...

Hamdallah
Things always going ok.

Thank u for sharing ur comment